Sabtu, 07 Desember 2013

MENGENAL SMK PERTANIAN RANTAU PANJANG



Sebuah perkataan tak kenal maka tak sayang, untuk itu kami akan mengenalkan kepada kalian semua mengenai SMK Pertanian Rantau Panjang mungkin semua masih belum tahu bahwa di kabupaten Sambas ada sebuh sekolah pertanian yang awalnya bernama SMK Pertanian Semanjang yang mulai beroperasi dari tahun 2002 dan sekarang  sudah berusia 11 tahun

A.        Propil Sekolah
1.    Nama Sekolah                                     : SMK Pertanian Rantau Panjang
2.    NPSN                                                   : 30100368
3.    Alamat(Jln/Kec/Kab)                           : Jln. Raya Rantau Panjang / Kec. Sebawi / Sambas
a.      Desa                                             : Rantau Panjang Sambas
b.      Kecamatan                                   : Sebawi
c.       Kabupaten                                    : Sambas
d.      Propinsi                                        : Kalimantan Barat
e.      Kode Pos                                       : 79162
f.        E-mail                                           : smkpertanian@rocketmail.com
g.      Jarak Sekolah Sejenis                   :  5 Km
           
4.    Sekolah di Buka Tahun                        : 2002
5.    No. Rekening Rutin Sekolah                : 2521060199
Pemegang Rekening                           : SMK Pertanian Rantau Panjang
Nama Bank                                          : Bank Kal-Bar
Cabang                                                            : Sambas
6.    Bentuk Sekolah                                   : Biasa/Konvensional
7.    Status Sekolah                                     : Swasta
8.    Waktu Penyelenggaraan                    : Pagi
9.    Tahun Terakhir Sekolah di renovasi   : -

SEKOLAH NEGERI
10.     SK Terkhir Status Sekolah                 :
11.     Keterangan SK                                  : Sekolah Baru


SEKOLAH SWASTA
12.     SK / Izin Pendirian Sekolah               : No. 049 Tanggal 20-9-2002
13.     Nomor Data Sekolah                                    :
14.     Akreditasi                                          : Cukup
15.     SK Akreditasi                                     :
16.     Nama Yayasan                                  : Pontia Dharma
17.     Alamat
a.              Jalan                                        : Raya Rantau Panjang Sambas
b.              Desa/Kelurahan                      : Rantau Panjang
c.              Kecamatan                              : Sebawi
d.              Kabupaten / Kota                    : Sambas
e.              Provinsi                                   : Kalimantan Barat
f.               Nomor Telepon                       :
g.              Akte Pendirian                                    : No. 110 Tanggal 23 – 2 – 1981
h.              Kelompok Yayasan                  : Umum (Yayasan Pontia Dharma)

KEPALA SEKOLAH
18.     Nama Kepala Sekolah                       : Rika Hariska, SP
19.     No. HP                                               : 08115709672
20.     NIP                                                    :  -
21.     No. SK Pengangkatan                        : 46 / PD / SMK-P / 7 / 2012
22.     Tanggal                                             : 18 Juni 2012

23.     Kepemilikan Tanah/Bangunan         :
a.      Luas Tanah / Status                            : 46.817,5 m2
b.      Luas Bangunan                                   :  450 m2

24.    Data siswa dalam 4 tahun terakhir         :
Tahun
Ajaran
Jlh
Pendfatar (Cln Siswa Baru)
Kelas 10

Kelas 11
Kelas 12
Jumlah
 (Kls 10 + 11 + 12)
Jlh Siswa
Jlh Rombel
Jlh Siswa
Jlh Rombel
Jlh Siswa
Jlh Rombel
Jlh Siswa
Jlh Rombel
2010/2011
17
17
1
25
1
23
1
65
3
2011/2012
14
14
1
15
1
23
1
52
3
2012/2013
14
14
1
11
1
14
1
39
3
2013/2014
11
6
1
11
1
10
1
27
3





PRASARANA SMK
No
Nama Ruang/Area Kerja
Jumlah Ruang
Luas
Rata-rata (m2)
Total Luas
(m2)





A
Ruang Pembelajaran Umum



1.
Ruang Kelas
6
72
432
2.
Ruang Lab. Biologi
1
72
72
B
Ruang Khusus (Praktik)



3
Selasar pembuatan kompos
1
150
150
C
Ruang Penunjang



1.
Ruang Kepala Sekolah & Wakil
1
16
16
2.
Ruang Guru
1
16
16
3.
Ruang Pelayanan Administrasi (TU)
1
12
12
4
Ruang Kantin Sekolah
1
35
35

KM, WC murid
2
2
4

Gudang Peralatan
1
24
24

Rumah Dinas
1
64
64

Kebun Praktik
1
3.200
3.200






STATUS LAHAN SMK
No
Jenis Lahan
Luas ( M2 )
Status Kepemilikan Lahan
Keterangan Lahan
Pemerintah / Yayasan
Lainnya (sebutkan)
1
Luas Lahan Bangunan
450
Yayasan


2
Luas Lahan Tanpa Bangunan





a.        Taman
1.500
Yayasan



b.        Lapangan Olah Raga
1.900
Yayasan



c.        Lahan praktek
40.000
Yayasan



d.        Lain-lain
2.967,5
Yayasan


3
Total Luas Lahan Seluruhnya
46.817,5
Yayasan




INFRASTRUKTUR SMK
Sumber Listrik
Daya Listrik
Voltase
Phase
*) PLN /  Genset Diesel /  Tenaga Surya / PLN & Diesel / Sumber lainnya/ Tidak Ada Listrik 
900 -2.200 Watt
*)220volt/
*) 2 Phase/ 3 Phase

B.        Visi dan Misi
Visi Sekolah
“ Menanamkan semangat berusaha, citra dan mutu untuk memanen kepercayaan”
Misi Sekolah
Menampilkan Tamatan :
1.      Beriman dan bertakwa.
2.      Sehat jasmani dan rohani
3.      Berbudi pekerti luhur
4.      Berkepribadian yang mantap dan mandiri
5.      Mempunyai tanggung jawab kemasyarakat dan kebangsaan.
C.        Tujuan dan Sasaran
SMK Pertanian Rantau Panjang Sambas sebagai bagian dari pendidikan menegah dalam Sitem Pendidikan Nasional mempunyai tujuan dan sasaran diantaranya :
1.      Menyiapkan siswa untuk siap memenuhi lapangan kerja di bidang pertanian serta mengembangkan sikap propesional.
2.      Menyiapkan siswa agar mampu memililih karier, mampu berkompetensi dan mampu mengembangkan diri di bidang pertanian
3.      Menyiapkan siswa untuk mengisis tenaga kerja tingkat menengah yang mandiri atau mengisi kebutuhan dunia kerja bidang pertanian
4.      Menyiapkan tamatan agar menjadi warga yang produktif, adaftif dan kreatif khususnya di bidang pertanian.
5.      Mengupayakan pemenuhan sarana dan prasarana untuk mendukung proses Kegiatan Belajar Mengajar dan hasil belajar siswa yang memuaskan
6.      Menjalin hubungan kerja yang harmonis dengan lembaga atau intansi terkait, masyarakat, dunia usaha atau industry melalui Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
7.      Mampu melakukan praktek sesuai dengan bidang keahlian dan standar kompetensi yang harus dimiliki siswa
Tujuan pendidikan di SMK Pertanian Rantau Panjang dalam  mencapai mutu pendidikan dan pelatihan dapat tercapai apabila terjadi Integrasi diantara komponen pendidikan baik dari segi perencanaan maupun pelaksanaan sebagai dukungan Internal, dukungan Eksternal dari masyarakat dan Industri serta terjadinya perubahan budaya pendidikan di sekoah.
Kemerdekaan pendidikan adalah usaha yang ingin dicapai sehingga pendidikan adalah Gratis tanpa dipungut biaya walaupun berstatus swasta karena :
1.      Tahun anggaran Program Bantuan Khusus Murid (BKM) semakin meningkat.
2.      Bantuan Operasional Sekolah(BOS) SMK
3.      Biaya ujian ditanggung sepenuhnya oleh PEMDA Kabupaten Sambas.
4.      Bantuan Pemerintah tidak memandang status negeri  atau swasta yang telah memiliki ijin operasional
5.      Bantuan guru negeri cukup memadai (4 orang)
6.      Tempat praktek telah tersedia
7.      Sekolah telah mengembangkan Unit Produksi

D.       KELEMBAGAAN
          SMK Pertanian Rantau Panjang Sambas diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Pontia Dharma yang berkedudukan di Rantau Panjang Sambas. Berdasarkan Akte Notaris Mochamad Damiri di Pontianak tanggal 23 Februari 1981.
Struktur Kelembagaan SMK Pertanian Rantau Panjang Sambas :
1.      Rika Hariska, SP ( Kepala Sekolah)
2.      Sri  Indrayati, SP ( Waka Kurikulum)
3.      Hj. Aflah, SP (Waka Kesiswaan)
4.      Islamiyah, SP (Waka Kejuran/Humas)
5.      Siswadi Yusuf, SP (Waka Sarana dan Prasarana)
6.      Meinita Ajim,S.Pd
7.      Desky, S.Pd
8.      Asman, S.Pdi

E.        KEGIATAN BELAJAR  MENGAJAR
A.      Pembelajaran di Sekolah
Ø  Pembelajaran di sekolah meliputi program normative, adaptif dan produktif.
Ø  Pembelajaran program produktif ditekankan pada penguasaan dasar-dasar keahlian yang  luas, kuat, mendasar serta penguasaan alat  dan teknik bekerja yang tepat.
Ø  Indusrti dapat dilibatkan dalam proses pembelajaran di SMK, terutama untuk meningkatkan penguasaan peserta terhadap dasar-dasar keahlian yang benar srta memberikan wawasan tentang dunia kerja.
Ø  Keterlaksanaan program di SMK, baik akademis maupun administrative menjadi tanggungjawab Kepala Sekolah dengan koordinasi Komite Sekolah
Ø  Siswa yang berminat untuk bekerja mandiri (berwira usaha), perlu mendapatkan bimbingan khusus yang memadai dari pihak sekolah.
Ø  Bimbingan berwira usaha antara lain mencakup aspek menganalisis pasar, merencanakan, melaksanakan produksi (barang/jasa), memasarkan minat hasil, mengevaluasi dan membuat laporan hasil usaha serta membuka jejaring kerja dengan pihak lain.
Ø  Apabila praktik berwira usaha tersebut membutuhkan waktu pembelajaran yang lebih bnayak, maka sekolah dapat menyesuaikan jumlah jam yang ada di dalam Struktur Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan baik program diklat normative, adaptif maupun produktif. Pengarturan tersebut dilakukan secara rasional, selaras dan seimbang.
Ø  Pembelajaran kewirausahaan secara nyata dilaksanakan di sekolah melalui pembukaan kelas wirausaha yang sesuai dengan minat siswa dan potensi pasar    
B.       Pembelajaran di Industri (Dunia Kerja)
Ø  Peserta diklat yang mengikuti pelatihan di industry adalah mereka yang memenuhi persyaratan minimal yang telah ditetapkan.
Ø  Industri dapat melakukan pemilihan peserta dan memberikan pembekalan kemampuan tambahan, agar benar-benar siap dan memenuhi standar minimal sesuai dengan persyaratan kerja yang ada.
Ø  Kegiatan pelatihan di industry dilaksanakan sesuai dengan program bersama yang telah disepakati.
Ø  Kegiatan peserta di industry merupakan kegiatan bekerja langsung pada pekerja yang sesungguhnya, untuk menguasai kompetensi yang benar dan berstandar, sekaligus menginternalisasi sikap etos kerja yang positif sesuai dengan persyaratan tenaga kerja professional pada bidangnya.
Ø  Lamanya peserta berada di suatu industry, ditentukan atas dasar jumlah waktu pelatihan yang dipersyaratkan untuk menguasai kompetensi yang akan dipelajarinya. Waktu berkisar antara 2 – 6 bulan
Ø  Pelaksanaan pembelajaran di Industri  dilengkapi dengan perangkat antara lain : jurnal kegiatan peserta, termasuk daftar kemajuan hasil belajar peserta, perangkat monitoring, kontrak kerja/perjanjian peserta (jika diperlukan), asuransi kecelakaan kerja bag peserta, lain-lain yang diangggap perlu.
Ø  Kegiatan pembelajaran berbasis kompetensi dilakukan setelah penyiapan komponen-komponen/sarana pembelajaran dipastikan kesiapannya, untuk mengantipasi terjadinya hambatan dalam pelaksanaan proses pembelajaran.

F.        SUSUNAN PROGRAM KURIKULUM
1.      Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
2.      Pendidikan Agama
3.      Bahasa dan Sastra
4.      Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
5.      Matematika
6.      Biologi
7.      Fisika
8.      Kimia
9.      Bahasa Inggris
10.  Kewirausahaan
11.  KKPI
12.  IPA
13.  IPS
14.  Produktif Pertanian
a.       Membibitkan tanaman Perkebunan
b.      Menyiapkan Lahan Produksi Tanaman
c.       Menanam Tanaman Perkebunan
d.      Mengangkut Hasil Panen
e.       Membiakkan Tanaman Secara Generatif
f.       Menentukan Komoditas Tanaman Perkebunan Yang akan  Diusahakan
g.      Membiakkan Tanaman secara Vegetatif
h.      Mengidentifikasi Tanaman dan Pertumbuhannya
i.        Mengendalikan Gulma  Pada Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) dan Tanaman Menghasilkan (TM)
j.        Mengendalikan Hama Pada Tanaman Belum  Menghasilkan (TBM) dan Tanaman Menghasilkan  (TM)
k.      Menyusun Proposal
l.        Melakukan Sensus  Tanaman Produksi
m.    Mengoperasikan Alat dan Mesin Produksi Tanaman
n.      Mengendalikan penyakit pada Tanaman belum menghasilkan (TBM) dan Tanaman Menghasilkan (TM)
o.      Mengatur /memberikan perlakuan tanaman Belum Menghasilkan (TBM) dan Tanaman Menghasilkan (TM)
p.      Memanen Hasil Tanaman Perkebunan
q.      Mengelola Pekerjaan Kebun
r.        Memelihara Kesuburan Pada Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) dan Tanaman Menghasilkan (TM)
s.       Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
t.        Pemangkasan Tanaman Perkebunan
u.      Merawat dan Mengoperasikan Traktor
v.      Membentuk Lahan (Land Forming)
w.    Mengairi Tanaman Perkebunan (Irigasi)









G



Sebuah perkataan tak kenal maka tak sayang, untuk itu kami akan mengenalkan kepada kalian semua mengenai SMK Pertanian Rantau Panjang mungkin semua masih belum tahu bahwa di kabupaten Sambas ada sebuh sekolah pertanian yang awalnya bernama SMK Pertanian Semanjang yang mulai beroperasi dari tahun 2002 dan sekarang  sudah berusia 11 tahun
A.        Propil Sekolah
1.    Nama Sekolah                                     : SMK Pertanian Rantau Panjang
2.    NPSN                                                   : 30100368
3.    Alamat(Jln/Kec/Kab)                           : Jln. Raya Rantau Panjang / Kec. Sebawi / Sambas
a.      Desa                                             : Rantau Panjang Sambas
b.      Kecamatan                                   : Sebawi
c.       Kabupaten                                    : Sambas
d.      Propinsi                                        : Kalimantan Barat
e.      Kode Pos                                       : 79162
f.        E-mail                                           : smkpertanian@rocketmail.com
g.      Jarak Sekolah Sejenis                   :  5 Km
           
4.    Sekolah di Buka Tahun                        : 2002
5.    No. Rekening Rutin Sekolah                : 2521060199
Pemegang Rekening                           : SMK Pertanian Rantau Panjang
Nama Bank                                          : Bank Kal-Bar
Cabang                                                            : Sambas
6.    Bentuk Sekolah                                   : Biasa/Konvensional
7.    Status Sekolah                                     : Swasta
8.    Waktu Penyelenggaraan                    : Pagi
9.    Tahun Terakhir Sekolah di renovasi   : -

SEKOLAH NEGERI
10.     SK Terkhir Status Sekolah                 :
11.     Keterangan SK                                  : Sekolah Baru


SEKOLAH SWASTA
12.     SK / Izin Pendirian Sekolah               : No. 049 Tanggal 20-9-2002
13.     Nomor Data Sekolah                                    :
14.     Akreditasi                                          : Cukup
15.     SK Akreditasi                                     :
16.     Nama Yayasan                                  : Pontia Dharma
17.     Alamat
a.              Jalan                                        : Raya Rantau Panjang Sambas
b.              Desa/Kelurahan                      : Rantau Panjang
c.              Kecamatan                              : Sebawi
d.              Kabupaten / Kota                    : Sambas
e.              Provinsi                                   : Kalimantan Barat
f.               Nomor Telepon                       :
g.              Akte Pendirian                                    : No. 110 Tanggal 23 – 2 – 1981
h.              Kelompok Yayasan                  : Umum (Yayasan Pontia Dharma)

KEPALA SEKOLAH
18.     Nama Kepala Sekolah                       : Rika Hariska, SP
19.     No. HP                                               : 08115709672
20.     NIP                                                    :  -
21.     No. SK Pengangkatan                        : 46 / PD / SMK-P / 7 / 2012
22.     Tanggal                                             : 18 Juni 2012

23.     Kepemilikan Tanah/Bangunan         :
a.      Luas Tanah / Status                            : 46.817,5 m2
b.      Luas Bangunan                                   :  450 m2

24.    Data siswa dalam 4 tahun terakhir         :
Tahun
Ajaran
Jlh
Pendfatar (Cln Siswa Baru)
Kelas 10

Kelas 11
Kelas 12
Jumlah
 (Kls 10 + 11 + 12)
Jlh Siswa
Jlh Rombel
Jlh Siswa
Jlh Rombel
Jlh Siswa
Jlh Rombel
Jlh Siswa
Jlh Rombel
2010/2011
17
17
1
25
1
23
1
65
3
2011/2012
14
14
1
15
1
23
1
52
3
2012/2013
14
14
1
11
1
14
1
39
3
2013/2014
11
6
1
11
1
10
1
27
3





PRASARANA SMK
No
Nama Ruang/Area Kerja
Jumlah Ruang
Luas
Rata-rata (m2)
Total Luas
(m2)





A
Ruang Pembelajaran Umum



1.
Ruang Kelas
6
72
432
2.
Ruang Lab. Biologi
1
72
72
B
Ruang Khusus (Praktik)



3
Selasar pembuatan kompos
1
150
150
C
Ruang Penunjang



1.
Ruang Kepala Sekolah & Wakil
1
16
16
2.
Ruang Guru
1
16
16
3.
Ruang Pelayanan Administrasi (TU)
1
12
12
4
Ruang Kantin Sekolah
1
35
35

KM, WC murid
2
2
4

Gudang Peralatan
1
24
24

Rumah Dinas
1
64
64

Kebun Praktik
1
3.200
3.200






STATUS LAHAN SMK
No
Jenis Lahan
Luas ( M2 )
Status Kepemilikan Lahan
Keterangan Lahan
Pemerintah / Yayasan
Lainnya (sebutkan)
1
Luas Lahan Bangunan
450
Yayasan


2
Luas Lahan Tanpa Bangunan





a.        Taman
1.500
Yayasan



b.        Lapangan Olah Raga
1.900
Yayasan



c.        Lahan praktek
40.000
Yayasan



d.        Lain-lain
2.967,5
Yayasan


3
Total Luas Lahan Seluruhnya
46.817,5
Yayasan




INFRASTRUKTUR SMK
Sumber Listrik
Daya Listrik
Voltase
Phase
*) PLN /  Genset Diesel /  Tenaga Surya / PLN & Diesel / Sumber lainnya/ Tidak Ada Listrik 
900 -2.200 Watt
*)220volt/
*) 2 Phase/ 3 Phase

B.        Visi dan Misi
Visi Sekolah
“ Menanamkan semangat berusaha, citra dan mutu untuk memanen kepercayaan”
Misi Sekolah
Menampilkan Tamatan :
1.      Beriman dan bertakwa.
2.      Sehat jasmani dan rohani
3.      Berbudi pekerti luhur
4.      Berkepribadian yang mantap dan mandiri
5.      Mempunyai tanggung jawab kemasyarakat dan kebangsaan.
C.        Tujuan dan Sasaran
SMK Pertanian Rantau Panjang Sambas sebagai bagian dari pendidikan menegah dalam Sitem Pendidikan Nasional mempunyai tujuan dan sasaran diantaranya :
1.      Menyiapkan siswa untuk siap memenuhi lapangan kerja di bidang pertanian serta mengembangkan sikap propesional.
2.      Menyiapkan siswa agar mampu memililih karier, mampu berkompetensi dan mampu mengembangkan diri di bidang pertanian
3.      Menyiapkan siswa untuk mengisis tenaga kerja tingkat menengah yang mandiri atau mengisi kebutuhan dunia kerja bidang pertanian
4.      Menyiapkan tamatan agar menjadi warga yang produktif, adaftif dan kreatif khususnya di bidang pertanian.
5.      Mengupayakan pemenuhan sarana dan prasarana untuk mendukung proses Kegiatan Belajar Mengajar dan hasil belajar siswa yang memuaskan
6.      Menjalin hubungan kerja yang harmonis dengan lembaga atau intansi terkait, masyarakat, dunia usaha atau industry melalui Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
7.      Mampu melakukan praktek sesuai dengan bidang keahlian dan standar kompetensi yang harus dimiliki siswa
Tujuan pendidikan di SMK Pertanian Rantau Panjang dalam  mencapai mutu pendidikan dan pelatihan dapat tercapai apabila terjadi Integrasi diantara komponen pendidikan baik dari segi perencanaan maupun pelaksanaan sebagai dukungan Internal, dukungan Eksternal dari masyarakat dan Industri serta terjadinya perubahan budaya pendidikan di sekoah.
Kemerdekaan pendidikan adalah usaha yang ingin dicapai sehingga pendidikan adalah Gratis tanpa dipungut biaya walaupun berstatus swasta karena :
1.      Tahun anggaran Program Bantuan Khusus Murid (BKM) semakin meningkat.
2.      Bantuan Operasional Sekolah(BOS) SMK
3.      Biaya ujian ditanggung sepenuhnya oleh PEMDA Kabupaten Sambas.
4.      Bantuan Pemerintah tidak memandang status negeri  atau swasta yang telah memiliki ijin operasional
5.      Bantuan guru negeri cukup memadai (4 orang)
6.      Tempat praktek telah tersedia
7.      Sekolah telah mengembangkan Unit Produksi

D.       KELEMBAGAAN
          SMK Pertanian Rantau Panjang Sambas diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Pontia Dharma yang berkedudukan di Rantau Panjang Sambas. Berdasarkan Akte Notaris Mochamad Damiri di Pontianak tanggal 23 Februari 1981.
Struktur Kelembagaan SMK Pertanian Rantau Panjang Sambas :
1.      Rika Hariska, SP ( Kepala Sekolah)
2.      Sri  Indrayati, SP ( Waka Kurikulum)
3.      Hj. Aflah, SP (Waka Kesiswaan)
4.      Islamiyah, SP (Waka Kejuran/Humas)
5.      Siswadi Yusuf, SP (Waka Sarana dan Prasarana)
6.      Meinita Ajim,S.Pd
7.      Desky, S.Pd
8.      Asman, S.Pdi

E.        KEGIATAN BELAJAR  MENGAJAR
A.      Pembelajaran di Sekolah
Ø  Pembelajaran di sekolah meliputi program normative, adaptif dan produktif.
Ø  Pembelajaran program produktif ditekankan pada penguasaan dasar-dasar keahlian yang  luas, kuat, mendasar serta penguasaan alat  dan teknik bekerja yang tepat.
Ø  Indusrti dapat dilibatkan dalam proses pembelajaran di SMK, terutama untuk meningkatkan penguasaan peserta terhadap dasar-dasar keahlian yang benar srta memberikan wawasan tentang dunia kerja.
Ø  Keterlaksanaan program di SMK, baik akademis maupun administrative menjadi tanggungjawab Kepala Sekolah dengan koordinasi Komite Sekolah
Ø  Siswa yang berminat untuk bekerja mandiri (berwira usaha), perlu mendapatkan bimbingan khusus yang memadai dari pihak sekolah.
Ø  Bimbingan berwira usaha antara lain mencakup aspek menganalisis pasar, merencanakan, melaksanakan produksi (barang/jasa), memasarkan minat hasil, mengevaluasi dan membuat laporan hasil usaha serta membuka jejaring kerja dengan pihak lain.
Ø  Apabila praktik berwira usaha tersebut membutuhkan waktu pembelajaran yang lebih bnayak, maka sekolah dapat menyesuaikan jumlah jam yang ada di dalam Struktur Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan baik program diklat normative, adaptif maupun produktif. Pengarturan tersebut dilakukan secara rasional, selaras dan seimbang.
Ø  Pembelajaran kewirausahaan secara nyata dilaksanakan di sekolah melalui pembukaan kelas wirausaha yang sesuai dengan minat siswa dan potensi pasar    
B.       Pembelajaran di Industri (Dunia Kerja)
Ø  Peserta diklat yang mengikuti pelatihan di industry adalah mereka yang memenuhi persyaratan minimal yang telah ditetapkan.
Ø  Industri dapat melakukan pemilihan peserta dan memberikan pembekalan kemampuan tambahan, agar benar-benar siap dan memenuhi standar minimal sesuai dengan persyaratan kerja yang ada.
Ø  Kegiatan pelatihan di industry dilaksanakan sesuai dengan program bersama yang telah disepakati.
Ø  Kegiatan peserta di industry merupakan kegiatan bekerja langsung pada pekerja yang sesungguhnya, untuk menguasai kompetensi yang benar dan berstandar, sekaligus menginternalisasi sikap etos kerja yang positif sesuai dengan persyaratan tenaga kerja professional pada bidangnya.
Ø  Lamanya peserta berada di suatu industry, ditentukan atas dasar jumlah waktu pelatihan yang dipersyaratkan untuk menguasai kompetensi yang akan dipelajarinya. Waktu berkisar antara 2 – 6 bulan
Ø  Pelaksanaan pembelajaran di Industri  dilengkapi dengan perangkat antara lain : jurnal kegiatan peserta, termasuk daftar kemajuan hasil belajar peserta, perangkat monitoring, kontrak kerja/perjanjian peserta (jika diperlukan), asuransi kecelakaan kerja bag peserta, lain-lain yang diangggap perlu.
Ø  Kegiatan pembelajaran berbasis kompetensi dilakukan setelah penyiapan komponen-komponen/sarana pembelajaran dipastikan kesiapannya, untuk mengantipasi terjadinya hambatan dalam pelaksanaan proses pembelajaran.

F.        SUSUNAN PROGRAM KURIKULUM
1.      Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
2.      Pendidikan Agama
3.      Bahasa dan Sastra
4.      Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
5.      Matematika
6.      Biologi
7.      Fisika
8.      Kimia
9.      Bahasa Inggris
10.  Kewirausahaan
11.  KKPI
12.  IPA
13.  IPS
14.  Produktif Pertanian
a.       Membibitkan tanaman Perkebunan
b.      Menyiapkan Lahan Produksi Tanaman
c.       Menanam Tanaman Perkebunan
d.      Mengangkut Hasil Panen
e.       Membiakkan Tanaman Secara Generatif
f.       Menentukan Komoditas Tanaman Perkebunan Yang akan  Diusahakan
g.      Membiakkan Tanaman secara Vegetatif
h.      Mengidentifikasi Tanaman dan Pertumbuhannya
i.        Mengendalikan Gulma  Pada Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) dan Tanaman Menghasilkan (TM)
j.        Mengendalikan Hama Pada Tanaman Belum  Menghasilkan (TBM) dan Tanaman Menghasilkan  (TM)
k.      Menyusun Proposal
l.        Melakukan Sensus  Tanaman Produksi
m.    Mengoperasikan Alat dan Mesin Produksi Tanaman
n.      Mengendalikan penyakit pada Tanaman belum menghasilkan (TBM) dan Tanaman Menghasilkan (TM)
o.      Mengatur /memberikan perlakuan tanaman Belum Menghasilkan (TBM) dan Tanaman Menghasilkan (TM)
p.      Memanen Hasil Tanaman Perkebunan
q.      Mengelola Pekerjaan Kebun
r.        Memelihara Kesuburan Pada Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) dan Tanaman Menghasilkan (TM)
s.       Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
t.        Pemangkasan Tanaman Perkebunan
u.      Merawat dan Mengoperasikan Traktor
v.      Membentuk Lahan (Land Forming)
w.    Mengairi Tanaman Perkebunan (Irigasi)








1 komentar:

  1. menurut saya backgroundny tidak sesuai dgn tema yg di lombakan (kebudayaan sambas) dan bagian isi dalam artikel tersebut tidak rapi dan tidak ad jam

    BalasHapus